Sukses Berbisnis Kuliner Aqiqah Beromset Ratusan Juta

Aqiqah adalah prosesi  penyembelihan seekor kambing pada hari ketujuh setelah melahirkan seorang  anak dengan maksud sebagai rasa berterima kasihkepada Tuhan bagi kaum Muslim.

Ada bebrapajasa penyelenggara aqiqah yang dapat menyediakan hewan kambing, penyembelihan, memasaknya hingga menjadikan sovenir, Salah satunya adalah jasa Aqiqah jogja.

Untuk menjadi pengusaha memasak yang sukses, tampaknya Anda tidak harus bisa atau pandai memasak. Sebagai contoh, Andy Natta, seorang mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI), berhasil mengembangkan pekerjaan memasak di Al-Aqiqah.

Andy Natta, lulusan Teknik Mesin, tampaknya tidak cocok dengan kegiatannya. Karya-karya  yang dikembangkannya menawarkan hidangan yang identik dengan sate kambing dan gule kambing.

“Terus terang, saya tidak tahu cara memasak, apalagi sate atau kari,” kata Andy, yang terkadang bertemu detikFinance. “Tapi hasil saya pergi ke Four Seasons Hotel dan tiga hotel bintang empat lainnya di Jakarta.” Lalu. Waktu. .

Jadi apa yang memotivasi Anda untuk berhasil menjalankan bisnis Aqeeq untuk menghasilkan ratusan juta rupee sebulan?

Menurutnya, kegiatan memasak tidak selalu bisa memasak. Pikirkan tentang kemampuan Anda untuk tidak memasak, tetapi Anda ingin memiliki kegiatan memasak, Anda harus “berjalan” untuk menemukan juru masak yang andal.

“Saya memiliki niat kuat untuk membuka bisnis aqeeq, tetapi saya tidak tahu cara memasak, atau memuaskan keinginan saya, jadi ide saya adalah menemukan juru masak lain yang dapat diandalkan. Tetapi pencarian itu tidak mudah, banyak koki menolak, terutama ketika mereka menyajikan resep rahasia mereka. ” Dia berkata. memerciki

Dia mengakui bahwa sangat sulit untuk menemukan koki yang baik dan ingin bekerja dengannya. Andi hanya bisa membantu melakukan beberapa trik, salah satunya adalah tetap berhubungan atau mengunjungi orang-orang “terbelakang”.

“Ya, dengan maksud menghubungi orang, tidak akan mungkin memecat saya, bahkan jika saya tidak mengenalnya. Saat bermain di rumah juru masak yang saya cari, hampir setiap hari dia tidak lupa membawa makanan ringan , seperti cokelat, biskuit … dll. Untuk anak-anak, ya, istilah korupsi “.

Pada akhirnya, setelah sekitar dua minggu (dua minggu) dari keramahtamahan sambil mengungkapkan keinginannya yang tulus, koki yang ia cari akhirnya dipisahkan. “Sejauh ini dia ingin menjalin kerja sama,” katanya.

Apa yang dilakukan oleh usaha batu akik? Pernyataan Andy tidak lain adalah kualitas bahan utama dan rasa dapurnya, yang sangat jauh dari yang lain.

“Bahan bakunya bukan kambing seperti pada umumnya, melainkan kambing, yang merupakan perkawinan antara domba F1 Afrika dan domba Jawa Barat. Hasilnya adalah daging lunak, bukan ikan, dan alasan utamanya adalah bebas kolesterol. “

Manfaat ini membuat pelanggan senang dan membuat rekomendasi untuk pelanggan potensial lainnya. Dia berkata, “Setidaknya 2-5 domba atau 100 domba per bulan disembelih dalam satu hari.”

Jadi  apa yang Andy lihat untuk kesempatan ini melakukan aqeeqah ketika dia masih mahasiswa mesin?

“Keluarga saya memiliki peternakan domba, dan pelanggan yang membeli domba kami rata-rata digunakan untuk acara agate, sehingga muncul ide bahwa saya juga tidak membuka kegiatan agate, kami memelihara ternak dan menjual diri kami untuk melakukannya untuk Anda (agate kitchen ). “

Perhitungan bisnis Andy sederhana: dalam satu bulan, hanya ada Jakarta dalam 1.000 acara batu akik. Pria kelahiran 5 Januari 1989 ini mengatakan: “Jika Anda mengambil pasar 2%, itu akan sangat besar.”

Andy berkata: “Sejauh ini, peternakan belum dapat memenuhi permintaan. Untuk memenuhi permintaan, mereka telah membentuk sekitar 10 kelompok petani domba di Cirebon, Deebok dan daerah lain di Jawa Barat.”

Andy tidak memanfaatkan kesempatan bagi pihak lain untuk menjalin kerja sama. Dia mengakui bahwa penjualannya sekarang bisa mencapai 400 juta riyal Brasil sebulan. “Ini kerja sama yang sederhana, kami berbagi 50:50 dari laba bersih,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *